Selasa, 25 Januari 2011

Symbian Evolution

Symbian Evolution

by The Symbianers on januari.25, 2011, under , , , , ,
Salam Symbianisme Indonesia

akhirnya menulis lagi...
mungkin teman-teman udah bosan karena tulisannya terlalu lama baru ter-Update lagi!! yah maklumlah sekaran saya masih disibukkan urusan kampus yang semakin hari semakin bertambah.
saya gak usah cerita panjang lebar lagi, sekarang saya akan mencoba menulis sesuatu yang telah basi karena saya bosan menulis sesuatu yang baru he..he..he..
saya akan mencoba mengangkat tema "Symbian Evolution"
sudah tidak dipungkiri lagi bahwa ponsel symbian S60 sekarang sudah di ambang kepunahan, berawal dari tidak diproduksinya lagi ponsel symbian S60 oleh NOKIA karena hadirnya Symbian Versi baru yang lebih hebat dan fitur yang lengkap, ditambah lagi produk merk Gak terkenal Bermunculan menawarkan fitur gila semisal Tv tunner dan Proyektor Mini!!! Semua membuat ponsel smart pertama ini terlindas dan tergilas kemajuan teknologi sekarang.
Tapi disisi lain, ternyata semua itu malah membuat ponsel Symbian S60 mengalami penurunan Harga di pasaran secara drastis!!! dan sesuai dengan survey yang saya lakukan ternyata masih banyak pengguna ponsel Symbian S60 yang ternyata digunakan oleh kaum Hawa.

olehnya itu mari kita membuat sebuah Perubahan Pada ponsel Symbian S60 Kita yang semakin Usang ini. Symbian Evolution with Classic Application.

sekarang saya akan menunjukkan Tampilan dari Symbian S60 yang rasa Ipod N-series


Wah...ini ponsel Symbian S60 biasa (6630) tapi kenapa ada shortcut yang mirip Ponsel N-series? trus lihat tulisan pada tombol Softkey kiri ada nama sang empunya!!!, ada pemutar musik apaan tuh????? trus aplikasi N-SMS itu apa sich sampai-sampai dipasang pada softkey kanan?!

sabar...saya akan menjelaskannya dari A-Z

1. dimulai dari posisi (0,0), disitu ada indikator Sinyal dimana ditempat saya sinyalnya sangat penuh dan mendukung 3G jadi bagi para gadis-gadis yang mau nelpon saya pake videocall silahkan ajah jangan sungkan he..he..he!!!

2. menuju ke kanan ada jam analog yang melambangkan Simbol APPLE IPOD, silahkan download themanya bagi yang penggemar warna hijau!!


3. langsung menuju shortcut N-SERIES ajah. karena keterbatasan fitur tidak membuat para pecinta Symbian menyerah begitu saja. dengan sebuah aplikasi sederhana yang dibuat menggunakan bahasa python maka fitur N-Series dapat dinikmati di ponsel Symbian S60 kita!
nama aplikasinya adalah "Desktoper". aplikasi ini sebenarnya sudah beredar lama tapi saya iseng ajah untuk mengangkat aplikasi hebat ini.


bagi yang belum punya aplikasi Desktoper ini, silahkan Download ajah, tapi ingat Bahwa aplikasi ini adalah aplikasi python Required jadi harus ada aplikasi python yang terpasang baru aplikasi desktoper ini berfungsi.


4. dibawah aplikasi desktoper, ada tulisan "apple" saya suka makan buah apple apalagi yang warnanya hijau!! Next....

5. Dibawah tulisan apple ada semacam minimize dari sebuah aplikasi pemutar musik! tapi apa ya???. bagi yang tidak ketinggalan update aplikasi, pasti sudah memiliki aplikasi ini!! nama aplikasinya adalah "TTPod". aplikasi pemutar musik paling populer di tahun 2009 ini.


lihat ketika aplikasi ini di buka, terdapat 20 skin keren dan skinnya terus ter update jadi tidak menutup kemungkinan skinnya mencapai 100 an. disertai efek visualisai, ada eQualizer suara, liric support dan hebatnya lagi, kita bisa edit details lagu semisal nama artis, album dan genre lagu tersebut. oh ia ada sleep fiturnya juga mirip jukebox jadi gak perlu nyalain pemutar lagu sampai lowbet. tinggal atur waktunya trus mati sendiri deh....

nich contoh skinnya:




dari pada penasaran, mendingan dicoba ajah aplikasinya!


6. selanjutnya, kita pindah ke tombol softkey Kiri, disitu ada tulisan "Irham"
yah dengan aplikasi "SmartSetting" maka tulisan apapun akan bisa tampil di tombol softkey kiri.



lihat, ketika tombol "Irham" di tekan, ada shortcut juga, jadi serasa tidak membutuhkan tombol Menu Saja:


Dan satu lagi, lihat perbedaannya ketika ponsel dalam keadaan terkunci tombol.


"dengan aplikasi smartsetting"


"tanpa smartsetting"


dan lebi hebatnya lagi, tombol untuk membuka kunci bisa dirubah. dari tombol "Unlock (softkey kiri)"+"bintang(*)" menjadi tombol semau-maunya, jadi orang lain tidak mungkin bisa membuka kunci tombolnya!!


bagi yang belum memiliki aplikasinya, silahkan milik sekarang!!!


7. nah sekarang menuju aplikasi yang ada di softkey Kanan!! disitu ada aplikasi "N-SMS"
Aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang telah lama beredar. sekitaran tahun 2006-2007.


jika dilihat sepintas, aplikasi ini mirip dengan tampilan aplikasi pesan biasa!! tapi coba perhatikan baik-baik ke Lebihannya!!!

ketika menu new message dibuka, maka kita disuguhkan beberapa type SmS. yang menarik disini adalah "Ecripted SMS" yaitu pesan yang terenkripsi dengan password, jadi pesan kita bisa di jaga kerahasiaannya!


ketika kita membuka INBOX atau pesan masuk maka kehebatan lain disuguhkan disini!, terdapat fitur Modify atau modifikasi SmS Masuk!!



a). kita mulai dari point pertama, Message
dengan memilih point Message maka kita akan leluasa mengedit Isi Pesan Masuk, terbukti dari tulisan SmS yang telah di edit tampil persis saat dibuka pada aplikasi Message ponsel.


b). beralih ke point kedua, Toggle Read
membuka pesan berkali-kali, pesan atau SmS yang sudah dibuka dan dibaca bisa dimanipulasi seolah-olah belum pernah dibuka!!!


c). lanjut.... saya tidak tampilkan keseluruhan Point-pointnya mengingat udah larut malam nich!!
point terakhir, Details
dengan memilih point Details ini, maka kita bisa memanipulasi nama pengirim pesan atau SmS yang tampil. lihat ajah, nama teman saya "Asty" di rubah menjadi "Jusup Kalla" (ya sekalian kampanye dikit....he...he..he)


hah capek membacanya, bosan!! mending Download langsung aplikasi "N-SMS"


8. Dan sebagai penutup, untuk aplikasi Editor Theme symbian S60 2nd versi ponsel sudah hadir.
nama aplikasinya adalah "Theme Studio". didesain menggunakan bahasa program C++. kerjanya sich tidak jauh beda dengan editor theme menggunakan aplikasi aif maker.


bagi yang mau download silahkan ajah...........




dan yang pengen dengarkan lagu RaveMaster (Butterfly Kiss) yang saya putar ketika saya menmbuat foto-foto screenshoot aplikasi ini. download ajah!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar